Rabu, 31 Juli 2019

PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI


UNTUK SMK KELAS X






E-MODUL
PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI



PINGKAN APRILIA



















KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan e-modul Pengantar Akuntansi dan Keuangan. E-Modul ini dilengkapi dengan latihan soal untuk menguji hasil belajar ranah keterampilan siswa terkait dengan materi yang terdapat pada e-modul. Dalam e-modul Pengantar Akuntansi dan Keuangan ini akan di bahas tentang “Persamaan Dasar Akuntansi”.
E-Modul ini diharapkan dapat membantu siswa dalam mempelajari konsep persamaan dasar akuntansi serta menganalisisnya sehingga dapat menyajikan sebuah laporan keuangan.
Penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, membantu, dan membimbing sehingga modul ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Penyusun menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan e-modul ini. Oleh karena itu, penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran demi perbaikan dan kesempurnaan modul ini. Semoga modul ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya para peserta didik.

                       
Cirebon,  Agustus 2019
                                                                                                                


                                                                                                                        Pingkan Aprilia










GLOSARIUM

Aktiva         :
Suatu objek, atau tuntutan yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para pemiliknya.
Kewajiban   :
Kewajiban suatu perusahaan untuk melunasi jumlah tertentu atau  melaksanakan suatu jasa kepada pihak lain pada saat jatuh tempo.
Modal          :
Hak pemilik yang ditanamkan dalam suatu perusahaan sebagai akibat adanya modal pokok yang di serahkan untuk memulai usaha.








KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR



Kompetensi Dasar
Indikator
3.6  Menerapkan persamaan dasar akuntansi

3.6.1 Menjelaskan pengertian persamaan dasar akuntansi
3.6.2 Menjelaskan unsur-unsur persamaan dasar akuntansi
3.6.3 Menjelaskan rumus dasar persamaan dasar akuntansi
3.6.4 Menjelaskan bentuk persamaan akuntansi
3.6.5 Menjelaskan fungsi persamaan dasar akuntansi
3.6.6 Menjelaskan pengaruh transaksi keuangan dalam  
         persamaan dasar akuntansi
4.6 Membuat persamaan dasar akuntansi

4.6.1 Melakukan pencatatan transaksi keuangan dalam 
         persamaan dasar akuntansi
4.1.2 Melakukan penyusunan laporan keuangan sederhana 
         dari persamaan dasar akuntansi






BAB I PENDAHULUAN

A.   DESKRIPSI
E-Modul ini berjudul Persamaan Dasar Akuntansi. Modul ini digunakan untuk pembelajaran akuntansi SMK kelas X PKM, termasuk ke dalam Kompetensi Dasar : menerapkan persamaan dasar akuntansi dan membuat persamaan dasar akuntansi.
E-Modul membahas mengenai konsep persamaan dasar akuntansi sampai pencatatan persamaan akuntansi. E-Modul ini membahas sebagai berikut :
              1.         Pengertian  persamaan dasar akuntansi
              2.         Unsur-unsur persamaan dasar akuntansi
              3.         Bentuk persamaan dasar akuntansi
              4.         Fungsi persamaan dasar akuntansi
              5.         Analisis pengaruh transaksi ke persamaan dasar akuntansi
              6.         Mencatat transaksi ke dalam persamaan dasar akuntansi
Modul ini bertujuan untuk membantu peserta didik dalam belajar secara mandiri dan sebagai pedoman dalam melakukan latihan-latihan agar peserta didik dapat memahami materi persamaan dasar akuntansi secara utuh dan menyeluruh.
 B.      PRASYARAT
Agar dapat mencapai tujuan akhir, maka peserta didik haruslah menguasai materi:
                1.         Pengertian  persamaan dasar akuntansi
                2.         Unsur-unsur persamaan dasar akuntansi
                3.         Bentuk persamaan dasar akuntansi
                4.         Fungsi persamaan dasar akuntansi
                5.         Analisis pengaruh transaksi ke persamaan dasar akuntansi
                6.         Mencatat transaksi ke dalam persamaan dasar akuntansi
 C.        PETUNJUK PENGGUNAAN E-MODUL
                1.       Petunjuk Bagi Peserta Didik
  Langkah-langkah belajar yang ditempuh adalah sebagai berikut :
a.       Bacalah dengan cermat rumusan tujuan akhir dari kegiatan belajar ini.
b.      Diskusikan dengan sesama peserta didik apa yang anda telah cermati. Bila masih ragu, tanyakan pada guru sampai paham.
c.       Bacalah dengan cermat peta konsep, prasyarat, pengertian dan istilah-istilah sulit dan penting dalam modul.
d.      Bacalah dengan cermat materi setiap kegiatan belajar, kerjakan tugasnya, dan jawablah pertanyaan tes, kemudian cocokkan dengan kunci jawaban.
e.       Bila dalam proses memahami materi anda mendapatkan kesulitan, diskusikan dengan teman-teman anda atau konsultasikan dengan guru.
f.       Gunakan sumber belajar yang relevan, seperti buku paket pengantar akuntansi, internet dan sumber yang relevan lainnya.
                2.      Petunjuk Bagi guru
  Langkah-langkah yang ditempuh adalah sebagai berikut :
a.   Menginformasikan kepada peserta didik mengenai langkah-langkah menggunakan modul.
b.   Membimbing siswa melakukan tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap belajar.
c. Membantu siswa untuk menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang diperlukan untuk belajar.
d.    Melaksanakan penilaian.
e.   Menjelaskan pada siswa mengenai bagian yang perlu untuk dibenahi dan merundingkan pembelajaran selanjutnya.
 D.      TUJUAN AKHIR
Setelah mempelajari e-modul ini, anda mampu :
              1.         Menjelaskan pengertian  persamaan dasar akuntansi
              2.         Menyebutkan unsur-unsur persamaan dasar akuntansi
              3.         Mendeskripsikan bentuk persamaan dasar akuntansi
              4.         Menjelaskan fungsi persamaan dasar akuntansi
              5.         Menganalisis pengaruh transaksi ke persamaan dasar akuntansi 
        6.      Mencatat transaksi ke dalam persamaan dasar akuntansi




BAB II PEMBELAJARAN
KEGIATAN BELAJAR 1
Kegiatan Belajar 1 Menjelaskan Konsep Persamaan Dasar Akuntansi
Tujuan Kegiatan Pembelajaran :


Setelah mempelajari konsep persamaan dasar akuntansi, siswa mampu :

1.         Menjelaskan pengertian persamaan dasar akuntansi

2.         Menjelaskan dan menyebutkan unsur-unsur persamaan dasar akuntansi

 3.         Mendeskripsikan bentuk persamaan dasar akuntansi

 4.         Menjelaskan fungsi persamaan dasar akuntansi



Konsep Persamaan Dasar Akuntansi
 



Persamaan akuntansi harus selalu dalam keadaan seimbang. Jika total aktiva lebih besar atau jika total passiva lebih besar dapat dipastikan terdapat kesalahan. Jika terjadi ebaliknya, yaitu nilai aktiva lebih kecil daripada jumlah passiva dan modal dapat dipastikan terjadi kesalahan karena terdapat dana yang belum dipertanggungjawabkan penggunaanya.




Unsur-unsur Persamaan Dasar Akuntansi


  1. Aset/Aktiva (assets) adalah sumber daya yang dikuasai oleh perusahaan sebagai akibat dari peristiwa masa lalu, dan di masa depan manfaat ekonomi dari sumber di harapkan akan di peroleh perusahaan. Klasifikasi aktiva adalah aktiva lancar (current assets) dan aktiva tetap (fixed assets).
  2. Kewajiban/Pasiva (Liabilities) adalah kewajiban perusahaan yang harus dibayar kepada pihak ketiga (kreditur). Klasifikasi pasiva ini sesuai dengan jangka waktu dan umurnya, dibagi dalam: utang jangka pendek (Current Liabilities) dan utang jangka panjang (Longterm Liabilities).
  3.  Ekuitas/Modal (Equity) adalah sisa kepentingan dalam aktiva suatu perusahaan setelah dikurangi kewajiban.
  4.  Pendapatan (Revenue) adalah aliran masuk atau peningkatan lain atas aktiva atau penurunan kewajiban perusahaan sebagai akibat dari aktivitas penyerahan/penjualan atau pembuatan barang, jasa atau aktivitas lain yang merupakan kegiatan utama perusahaan yang dilakukan secara terus-menerus.
  5. Beban (Expenses) harga perolehan barang, jasa, dan fasilitas yang digunakan untuk menghasilkan pendapatan pada periode berjalan. 
                               

Bentuk Persamaan Dasar Akuntansi
AKTIVA = MODAL

Persamaan ini disebut persamaan dasar akuntansi. Pasiva dapat bersal dari kreditur, dari pemilik atau dari kedua-duanya. Pasiva dari kreditur disebut Hutang dan pasiva yang berasal dari pemilik disebut modal, sehingga persamaan dasar tersebut dapat dikembangkan menjadi :
AKTIVA = HUTANG + MODAL

misalnya modal firma, perseroan terbatas (PT) dan sebagainya, maka laba atau rugi usaha ini tidak dapat langsung di tambahkan atau dikurangkan pada nominal modal perusahaan. Oleh karenanya, maka persamaan dasar akuntasni tersebut secara umum dapat dikembangkan saebagi berikut :
AKTIVA = HUTANG + MODAL + PENDAPATAN - BIAYA

Persamaan akuntansi bersifat tetap, yang selalu berubah adalah jumlah rupiah dan perkiraan-perkiraannya (items). Setiap transaksi paling sedikit akan menyangkut dua perkiraan.



           Fungsi Persamaan Dasar Akuntansi yaitu berguna untuk mengetahui perubahan kekayaan dalam perusahaan setiap terjadi transaksi. Dan mengetahui berapa yang telah digunakan dan dibelanjakan dalam satu periode akuntansi.

       
Latihan 1

Setelah kalian memahami materi pada kegiatan belajar 1 melalui literasi, pengamatan dan diskusi dengan teman-teman, cobalah baca dan amati studi kasus dibawah ini :
           Ketika sebuah perusahaan baru di bangun, asset pertama yang dibeli berasal dari dana yang diterima dari investor atau dari pinjaman (utang). Dengan demikian semua aset perusahaan yang berasal dari kreditur atau investor disebut kewajiban dan ekuitas. Sebagai contoh : deva adalah pengusaha yang ingin memulai bengkel. Setelah menabung uang selama setahun, deva memutuskan untuk resmi memulai usahanya. Dia membentuk “deva bengkel” dan ingin investasikan dana dana sebesar Rp 50.000.000,00 kepada usaha barunya. Transaksi bisnis ini meningkatkan kas perusahaan dan meningkatkan ekuitas dengan jumlah yang sama.
            Setelah pembentukan perusahaan “Deva bengkel” perlu membeli beberapa persediaan bengkel yang kemudian akal dijual kembali dengan total Rp 20.000.000,00. Dalam hal ini “Deva bengkel” menggunakan uang tunai untuk membeli asset berupa persediaan, sehingga akun kas menurun dan akun persediaan meningkat.
            Setelah 3 bulan “Deva bengkel” berkembang pesat dan perlu mencari tempat baru. Deva memutuskan bahwa hal itu paling masuk akal untuk membeli sebuah gedung, perusahaan harus mengambil pinjaman. Deva bengkel membeli gedung seharga Rp 200.000.000,00 dengan membayar Rp 10.000.000 tunai dan meminjam kepada bank sebesar sisanya Rp 190.000.000,00. Transaksi bisnis ini menurunkan kas sebesar Rp 10.000.000,00, meningkatkan asset berupa gedung Rp 200.000.000,00 dan meningkatkan kewajiban dengan pinjaman bank Rp 190.000.000,00.

 
Dari studi kasus diatas coba kalian diskusikan dengan teman kelompok
 1.     Setelah menelaah studi kasus diatas coba kalian rumuskan pengertian persamaan dasar akuntansi tersebut dalam bahasa sendiri!
 2.    Dari studi kasus tersebut ada beberapa unsur-unsur persamaan dasar akuntansi, coba amati dan rumuskan!
 3.       Setelah mengamati beberapa transaksi diatas, coba identifikasi apa saja fungsi dari  
        persamaan dasar akuntansi!









KEGIATAN BELAJAR 2
Tujuan Kegiatan Pembelajaran : 
Setelah mempelajari konsep persamaan dasar akuntansi, siswa mampu 
  1.  Menganalisis pengaruh transaksi ke persamaan dasar 
  2.  Mencatat transaksi ke dalam persamaan dasar akuntansi

Uraian Materi



Mekanisme Debet-Kredit
No
AKUN
BERTAMBAH
BERKURANG
SALDO
NORMAL
1.
Aktiva/Harta
Debet
Kredit
Debet
2.
Passiva/Utang
Kredit
Debet
Kredit
3.
Modal/Ekuitas
Kredit
Debet
Kredit
4.
Pendapatan
Kredit
Debet
Kredit
5.
Beban
Debet
Kredit
Debet



Analisis Pengaruh Transaksi Ke Persamaan Dasar Akuntansi
Setiap transaksi yang terjadi akan mempengaruhi posisi keuangan perusahaan. Pengaruh transaksi tersebut dapat menambah atau mengurangi komponen keuangan perusahaan yaitu, harta,utang, dan modal. Perubahan komponen posisi keuangan pada persamaan dasar akuntansi dapat dikelompokan sebagai berikut:
1.      Setiap transaksi dapat mempengaruhi harta, yang terjadi akibat perubahan harta yang diikuti dengan perubahan harta yang lain dalam jumlah yang sama.
2.      Setiap transaksi dapat mempengaruhi harta dan utang dalam jumlah yang sama.
3.      Setiap transaksi dapat mempengaruhi harta dan modal dalam jumlah yang sama.
4.      Setiap transaksi dapat mempengaruhi harta dengan perubahan utang dan modal dalam jumlah yang sama.


Untuk lebih detail, lihatlah tabel di bawah ini:



No.
Jenis Transaksi
Pengaruh Persamaan Dasar Akuntansi
1.
Penanaman uang pemilik perusahaan
Aset bertambah, ekuitas bertambah
2.
Pembelian tunai
Aset bertambah, mengurangi aset yang lain
3.
Pembelian kredit
Aset bertambah, liabilitas bertambah
4.
Penerimaan penghasilan
Aset bertambah, ekuitas bertambah
5.
Pembayaran hutang
Aset berkurang, liabilitas berkurang
6.
Penerimaan tagihan
Aset bertambah, aset lain berkurang
7.
Pembayaran beban
Harta  berkurang, ekuitas berkurang
8.
Pengambilan uang untuk keperluan pribadi
Harta berkurang, ekuitas berkurang


Berikut ini contoh kasus mencatat transaksi ke persamaan dasar akuntansi :
1. Akhmad mendirikan bengkel sepeda motor di Jl. Jatayu No. 74 bernama bengkel sepeda motor “Blakblakan” dengan modal Rp 200.000,00 berupa uang tunai. Berdasarkan transaksi ini persamaan dasar akuntansi akan tampak sebagai berikut:
AKTIVA
=
HUTANG       +   MODAL
Kas
=
-
Rp 200.000,00
=
0                           Rp 200.000,00

2. Dibeli sebagian alta-alat perbengkelan yang sangat diperlukan seharga Rp 180.000,00 dan supplies seharga Rp 10.000,00. Transaksi ini merubah komposisi kekayaan tetapi tidak merubah jumlah. Jumlah kas berkurang Rp 190.000,00 dan timbul perkiraan baru “Persediaan bahan pembantu” dan “alat-alat perbengkelan” masing-masing Rp 10.000,00 dan Rp 180.000,00
AKTIVA
=
HUTANG       +  MODAL
Kas                  + Per.bahan pem  + Alat bengkel
10.000             +     10.000           + 180.000
=
=

0                      +  200.000

3. Akhmad mendapat pinjaman sebesar Rp 50.000,00 dari tuang Hamid untuk menambah modal perusahaan. Transaksi ini akan mengakibatkan bertambahnya uang kas sebesar Rp 50.000,00 dan timbul perkiraan hutang sebesar Rp 50.000.
AKTIVA
=
HUTANG       +  MODAL
Kas                  + Per.bahan pem  + Alat bengkel
10.000             +     10.000           + 180.000
=
=

50.000             +  200.000

4. Membeli tambahan alat-alat perbengkelan seharga Rp 80.000,00 pada Toko Besi “Bima”. Pembelian ini baru dibayar Rp 50.000,00 sisasnya akan di bayar sebulan mendatang. Transaksi ini mengurangi uang kas Rp 50.000,00 menambah alat-alat perbengkelan dan menambah uang Rp 300.000,00
AKTIVA
=
HUTANG       +  MODAL
Kas                 + Per.bahan pem  + Alat bengkel
10.000             +     10.000           + 260.000
=
=

80.000             +  200.000

5. Menerima ongkos reparasi sepeda motor Rp 120.000. Transaksi ini mengakibatkan bertambahnya uang kas Rp 12.000,00 dan pendapatan reparasi Rp 12.000,00.
AKTIVA
=
HUTANG+ MODAL + PENDAPATAN
Kas                  + Per.bahan pem  + Alat bengkel
22.000             +     10.000           + 260.000
=
=
                                    Pendapatan reparasi
80.000      +  200.000   + 12.000



Jika dari seluruh transaksi tersebut diatas disusun menjadi satu akan tampak sebagai berikut : (Dalam ribuan rupiah)

AKTIVA                                            =
HARTA+MODAL+PENDAPATAN

Kas
Persediaan bahan baku
Alat-alat bengkel =
Utang
Modal
Pendapatan reparasi
1
200
-
-
-
200
-
2
-190
10
180         




10
+ 10
     180   =

200

3
+50
-
-
50
-


60
+10
180   =
50
+200

4
-50
-
80   
+30



10
+10
260   =
80
+200

5
+12
-
-


12

22
+10
260   =
80
+200
12
292   =
292  =
BALANCE



Latihan 2
Ahmad mendirikan bengel yang diberi nama ‘’Gio Motor’’ dengan menyetor  uang awal sebesar Rp. 800.000 . dan perlengkapan bengkel sebesar Rp. 200.000
a.    Gio membeli perlengkapan bengkel secara tunai seharga Rp. 100.000. 
b.    Membeli peralatan bengkel secara kredit sebesar Rp. 200.000
c.    Membeli perlengkapan bengkel sebesar Rp.300.000. baru dibayar Rp. 100.000. sisanya dibayar  
      seminggu lagi.  
d.     Mendapatkan pinjaman uang Rp. 500.000 dari bank
e.      Gio menerima pendapatan dari pelanggan atas jasa bengkel sebesar Rp. 200.000 
f.       Gio membayar sewa tempat sebesar Rp. 150.000


Diminta :
1. Analisis transaksi tersebut
2. Catat transaksi ke dalam persamaan dasar akuntansi


















BAB III EVALUASI
    
A.        Instrumen Penilaian Untuk mengukur ketercapaian tujuan akhir pembelajaran baik di kegiatan belajar 1 dan kegiatan belajar 2, maka perlu dilakukan suatu penilaian untuk mengukur kemampuan keterampilan (psikomotor) yaitu dengan unjuk kerja siswa.


Soal evaluasi
Bagian I
Waktu pengerjaan 30 menit
Petunjuk soal : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
                    1.         Apa yang dimaksud dengan persamaan dasar akuntansi?
                    2.         Jelaskan unsur yang membentuk persamaan akuntansi!
                    3.         Bagaimana cara menganalisis transaksi?
                    4.         Mengapa sebelum dicatat dalam persamaan dasar akuntansi transaksi pelu dianalisis?



Soal evaluasi
Bagian II
Waktu pengerjaan 15 menit
Petunjuk soal : Coba analisis dan apa pendapatmu dari cerita dibawah ini.
Dalam kehidupan sehari-hari kalian mungkin pernah meminjam uang dari teman kalian. Misalnya kalian kekurangan uang untuk membeli buku kemudian meminjam uang kepada teman kalian. Jika teman kalian tidak mensyaratkan bunga tertentu atas uang yang dipinjamkannya, maka jumlah yang ia pinjamkan akan sama nilainya dengan jumlah yang akan kalian bayar nantinya.






 B.        Kunci Jawaban

Bagian 1
No.
Jawaban
Rentang
skor
Bobot
soal
Total
skor
1.
Persamaan dasar akuntansi adalah suatu persamaan yang menunjukan keseimbangan antara aktiva, kewajiban dan modal
1-10
1
10
2.
Unsur-unsur yang membentuk persamaan dasar akuntansi yaitu akun asset, kewajiaban, modal, pendapatan, beban dan prive
1-10
2
20
3.
Cara menganalisis transakasi :
a.       Tentukan akun yang dipengaruhi
b.      Tentukan nilainya bertambah/berkurang
c.       Tuliskan nilai nominalnya
1-10
3
30
4.
Sebelum dicatat dalam persamaan dasar akuntansi harus di analisis dulu karena untuk mengetahui mana yang termasuk akun aktiva/passiva dan akun tersebut akan bertambah atau berkurang
1-10
4
40
Skor maksimum
100

Bagian II
No.
Jawaban
Rentang
skor
Bobot
Soal
Total
Skor
1.
Menganalisis dan berpendapat mengenai soal cerita dengan benar dan teliti
1-100
100
100
Skor maksimum
100

Nilai Maksimum = Total skor maksimum = 200 = 100
                                             2                  2

Standar Kriteria Minimal
Siswa dikatakan Tuntas, jika memperoleh nilai diatas 75
Siswa dikatakan Belum Tuntas, jika memperoleh nilai kurang dari 75








DAFTAR PUSTAKA

Harti, Dwi. 2017. Akuntansi Dasar. Jakarta : Erlangga
Kemendikbud. 2017. Panduan Praktis Penyusunan E-Modul. Jakarta:  
Kemendikbud.
Wiradinata, Rochanda. 2015. Dasar-Dasar Akuntansi. Bandung : Alfabeta














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI

UNTUK SMK KELAS X E-MODUL PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI PINGKAN APRILIA KATA PENGANTAR P...